Friday, December 2, 2011

Review : ASUS Eee PC 1015B

Saat ini komputer sudah menjadi kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. Apapun profesinya, tanpa komputer kerja mereka tidak akan optimal. Seiring dengan banyaknya permintaan akan komputer, produk-produk mobile computer berupa notebook dan netbook pun mulai berjamur.

Kenapa harus yang mobile?
Selain hemat listrik, banyak profesi yang membutuhkan mobile computer. Mahasiswa adalah salah satu contohnya.

Mahasiswa yang identik dengan budget yang minim biasanya mengalami kesulitan untuk memilih produk yang benar-benar tepat bagi kebutuhannya.

Netbook Asus Eee PC 1015B mungkin bisa menjadi salah satu solusi para mahasiswa yang memiliki budget minim. Dengan fitur yang cukup melimpah, bentuk yang mobile (10 inch), desain yang bagus, dan harga yang miring tentu netbook ini menjadi primadona bagi orang-orang yang membutuhkan mobile computer namun memiliki budget terbatas. 

Berikut gambaran umum spesifikasi yang ditawarkan oleh netbook ini :
- Display : 10.1" LED Backlight WSVGA (1024x600)
- CPU : AMD Fusion APU C-50 1.0 GHz (dual-core)
- Graphic : AMD Radeon HD 6250 256MB GDDR3 64bit DX11
- HDD : WDC 320 GB
- RAM : 1 GB DDR3 PC10600 (Hynx Chipset)
- OS : DOS
- Wifi : Atheros WLAN 802.11 b/g/n
- Interface :
  • 1 x VGA Connector
  • 3 x USB 2.0
  • 1 x LAN RJ-45 (10/100 Mbps)
  • 1 x HDMI
  • 2 x Audio Jack (Headphone/Mic-In)
  • 1 x Card Reader : SD/ SDHC/ MMC
- Battery : 6 cells, 5200 mAh, 56 W/h
- Dimension : 262 x 178 x 23.6 ~36.4 mm (WxDxH)
- Weight : 1.30 Kgs (w/ 6 cell battery)

Design :
Desain Glossy memiliki nilai estetika yang tinggi sekaligus magnet debu dan sidik jari. Saya tidak akan berkomentar banyak tentang hal ini. Bagimana pun juga penilaian seseorang akan estetika suatu benda bersifat relatif.
Sisi Kiri Netbook (dari kiri) :
Power – VGA port – USB 2.0 – HDMI - exhaust

Sisi Kanan Netbook (dari kiri) : Card Reader - audio output (3.5 mm) - input audio (3.5 mm) - 2x USB 2.0 - Lock Port - RJ45

Chiclet Keyboard dengan space yang cukup lebar, cukup menunjang bagi mereka yang memiliki ukuran jari lumayan besar. Touchpad yang menyatu dengan surface matte memiliki kekuatan grip yang cukup bagus dan sangat mudah untuk beradaptasi.

Sudut kemiringan maksimal 120 derajat. Cukup bersahabat untuk memanjakan pandangan Anda

Performa : 

Kemampuan Multitasking 1015B sesuai dengan fungsinya sebagai netbook. Masih mampu diajak multitab di firefox + putar mp3. Mungkin akan lebih baik jika memory di-upgrade ke 2 GB.

Suhu netbook ini relatif lebih panas jika dibandingkan saudaranya yang ditanami prosesor intel. Namun panas yang dihasilkan tidak akan mengganggu kenyamanan menggunakan netbook ini. Untuk dipangku pun masih terasa nyaman tanpa ada rasa panas yang berarti.

Netbook ini mampu untuk memutar video kualitas Full HD (1080p) dengan sangat baik

Battery Life 1015B sudah memenuhi kaidah mobilitas sebagai netbook. 1015B mampu menyala 6 jam++ untuk internetan dengan kondisi baterai 100%, power saver, dan layar full dimmed (lowest brightness).

Resolusi layar yang “nanggung” (1024x600) ini memang bikin pengguna merasa kurang nyaman. Solusinya adalah ubah resolusi ke 1024x768 dengan Eee Tray Utility 

Jangan mengharapkan kualitas lebih dari netbook value serrie ini. Jika Anda menginginkan kualitas suara yang lebih, beli lah earbud yang berkualitas

Kesimpulan :

Kelebihan
Desain bagus & kokoh : *
Chiclet Keyboard  : **
Full HD player capable : ***
Long Battery Life Span  : **
Harga terjangkau : ***

Kekurangan
Kualitas speaker buruk : ##
Relatif panas : #
Resolusi hanya 1024x600 : #

Bagi Anda yang memiliki budget terbatas namun menginginkan komputer mobile dengan performa yang bisa diandalkan dan baterai yang hemat, Asus Eee PC 1015B sangat layak untuk dipinang.

[Vicky] 

2 comments:

  1. mas, review eee pad transformer dong :D

    ReplyDelete
  2. waha, nanti kami obrolin sama temen yang lain dulu :D trims udah baca y

    ReplyDelete