Friday, April 20, 2012

Startup : Robot Unyil


Ngobrol sama foundernya Robot Unyil nih sob J, Mas Andi Hidayatullah atawa Mas Yayat, simak ya kaka..

>di SMP diajari elektronika ?
wkkk... iya... kebetulan ada pelajaran muatan lokalnya itu elektronika..

>bikin apa sewaktu itu yang berkesan?
waktu itu cuma bikin rangkaian wiper LED, jadi lampu led-nya nyala kayak wiper mobil bolak-balik.. tapi walaupun sangat sederhana, cukup berkesan.. soalnya waktu udah disolder errr terus.. sampe udah waktu-nya harus dikumpulin, akhirnya bisa berjalan dengan baik juga.. fiuuhh..

>wiw, terus pas SMA ada lagi?
pas SMA udah ngga ada. akhirnya belajar sendiri, bongkar-bongkar alat elektronik. hehe..

>mas anak keberapa to? ngoprek didukung ortu?
saya anak ketiga. didukung sih iya, cuma masalahnya saya lebih tau bongkarnya daripada masang kembali. hehehe.. soalnya penasaran tapi ilmunya belum nyampe untuk ngerti komponen-komponen elektronika..

>pas kuliah masuk pilihan berapa mas?
maksudnya elektronika? pilihan kedua. soalnya orangtuasaya lebih pengen saya jadi dokter. tapi kalo ga lolos ya elektro juga tetap pilihan yang terbaik.

>apa kesan kuliah untuk mas?
kesan saya buat mengembangkan diri, saatnya untuk masuk ke dunia menuju kedewasaan, yang sangat berbeda dengan dunia SMA. Juga dari segi keilmuan, saatnya untuk aktif mencari, ga semata2 hanya menunggu dan menerima transferan ilmu dari dosen.Waktu kuliah juga harus bisa mulai memanajemen waktu, pikiran, dll.

>cinta barang kali ? #ihik
ya termasuk juga. mengendalikan hawa nafsu. wkkk

>nah abis kuliah ngapain mas?
ya langsung wirausaha. emang udah mulai sejak kuliah.

>ngapain tuh? semester berapa?
dulu sih waktu masih kuliah sempat jadi designer grafis dadakan. tapi cuman bentar. nah kebetulan saya banyak belajar dari situ, soalnya teman yang punya usaha itu sering ngajakin ngobrol mengenai dunia wirausaha dan akhirnya waktu semester-semester akhir, ada teman lagi yang ngajakin untuk buat toko online jualan kit-kit mikrokontroler. Akhirnya ikutan mengembangkan, dan banyak ilmu yang saya dapat dari situ.

>dan akhirnya robot unyil ? gimana awalnya tuh mas?
yup..lanjut cerita, saya memutuskan untuk membuat usaha sendiri. yang tentunya lebih bisa mengapresiasi ide-ide saya.
setelah sempat survei dan browsing untuk melihat kondisi pasar dunia kit elektronika Indonesia, ternyata lagi rame2nya jualan kit mikrokontroler dan robotika. Akhirnya saya memutuskan untuk ikut dalam 'peperangan' bisnis tsb.. hehehe.


>wew ngeri riset dulu, nah berapa orang tuh? nyari partner susah?
saat ini masih sendiri sih.. iya juga sih, nyari partner yang sepaham sepenanggungan ga mudah.. dan juga bisa jadi team work yg solid.

>wew masih sendiri, btw ke Bogor ada hubungannya sama robot unyil?
>kenapa milih nama robot unyil ? dan apa hubungannya sama arduino?
kebetulan besok itu ada acara syukuran 1 tahun Grup Robot Indonesia di Depok. nah, saya diundang sama founder-nya mas Adiatmo Rahardi. Diacara itu nanti bakal ketemuan ama admin-admin grup itu. nah, ini salah satu kesempatan untuk mengembangkan jaringan, dengan silaturahmi.

>cadassss
kenapa saya memilih nama robot unyil, terinspirasi daridua hal, acara Laptop Si Unyil dan Roti unyil.. hehe.. Saya suka nonton acara laptop Si Unyil, soalnya tema pendidikannya bagus. Trus kalo roti unyil? soalnya waktu jalan-jalan ke bogor diajakin makan roti unyil, jadi terinspirasi untuk membuat kit-kit yang berukuran kecil dan murah, seperti roti unyil.. hehe..
kalo dihubungkan dengan arduino, kebetulan saya punya misi untuk bisa bersaing dengan produk-produk impor yang saat ini udah makin membanjiri pasar Indonesia..

>arduino?
sebenarnya ga cuma arduino.. cuma kebetulan untuk tahap awal ini saya lebih konsen untuk membuat kit yang bisa bersaing dengan arduino asli.. apalagi arduino itu kan produk opensource.. 100% open surce.. masa' kita harus ngimpor terus, kan mending buat sendiri dan kalo bisa dijual ke negara lain.

>siip, bayangan ke depan gimana? pernah ada yang ngeremehin?
Insya Allah ke depannya masih harus berjuang ekstra lagi. Tapi masih tetap optimis. Tetap melihat kondisi pasar seperti apa, mempengaruhi langkah-langkah yang harus diambil saat ini dan akan datang. mudah-mudahan bisa semakin maju aja.
kalo yang ngeremehin sih pernah, cuma dibilangin kamu mimpi ya mau bersaing dengan produk yang udah maju duluan? Ya kalo kita tetap berusaha dan berdo’a, knapa ga mungkin? ya kan.. salah satu kuncinya juga INVASI..

>btw siapa idola mas? dari Indonesia
kalo dari Indonesia, saya suka sosok Amin Rais. saya juga ngefans ama pak Habibie, bapak teknologi Indonesia..

>mas punya senior panutan dalam wirausaha dan teknologi ?
oh iya..pak Muhammad Thoha (yang pernah terkenal dengan 'habibie dari selokan mataram').. beliau yang banyak menginspirasi saya, setelah mengetahui kisah hidup dan perjuangannya juga ga segan berbagi ilmunya. *tempat saya kerja sebagai desainer grafis dadakan itu di tempat usaha beliau*
Juga mas Taufiq DSS.. senior saya yang juga jadi partner usaha, juga jadi teman diskusi wirausaha dan teknologi..

>btw profitny gmn mas ? uda brp lama?
mengenai profit? Alhamdulillah masih lumayan lah.. kan juga masih awal usaha. Ini baru berjalan 2 bulanan, sejak 18 januari 2012.

>btw mas udah hidup dengan uang sendiri? dalam arti gak minta dari ortu?
iya.. udah duit sendiri.. kemarin terakhir kali minta ya waktu lagi nyari modal buat bangun usaha.. hehe.. tapi udah ada perjanjian bakal dibalikin lagi..

>maksudnya apakah si robot unyil ini bisa memberi income yg cukup menjamin?
Insya Allah bisa. harus tetap optimis. Makanya sekarang saya sedang riset untuk buat produk-produk baru lagi. Dunia wirausaha emang akan selamanya dihantui oleh pertanyaan itu, terutama bagi para pemula wirausaha kayak saya.. hehe.. Tapi jangan pernah takut untuk memulainya..

>tapi untuk saat ini mas?
teringat kata dosen kewirusahaan saya, memulai wirausaha itu seperti sebuah pesawat terbang, yang pada awalnya harus berjalan pelan dulu kemudian bertambah kecepatan sedikit demi sedikit dan akhirnya bisa lepas landas dan terbang..

untuk saat ini emang masih pas-pasan sih.. tapi itu sudah resiko, kita ga akan tau apa yang akan terjadi di masa akan datang kalo ga berani ngambil resiko..

>supppper, btw udah maghrib ni, okedeh pesan2 terakhir mas buat pembaca mjl
iya nih dah maghrib.. pesannya, jangan mudah menyerah dengan kekurangan pada diri kita saat ini, tetaplah fokus untuk bisa mengubah kekurangan menjadi kelebihan kita di masa yang akan datang.. tetap semangat.

>sekian

0 komentar:

Post a Comment